Berita Wisata Indonesia Terbaru – Lombok telah menjadi salah satu tempat favorit kami untuk dikunjungi di seluruh Indonesia. Seperti tetangganya Bali, Lombok memiliki pemandangan unik dari pantai yang indah, air terjun surgawi, pulau vibing dan pegunungan yang tak kenal takut. Tetapi tidak seperti tetangganya yang populer, Anda dapat menikmati sebagian besar tujuan ini tanpa keramaian. Kami menghabiskan hampir 2 minggu menjelajahi pulau dari Kuta di selatan, Senaru di utara dan Kepulauan Gili di barat.

Lombok Utara mengalami 2 gempa bumi pada tahun 2018, dan masih mengalami kesulitan keuangan dan membangun kembali apa yang hilang. Kini, lebih dari sebelumnya, pulau ini membutuhkan dukungan wisatawan untuk terus berkunjung.

 

PANDUAN TOUR KE LOMBOK

 

BAGAIMANA CARA PERGI KE LOMBOK?
Ada 2 pilihan untuk mencapai Lombok dari Bali, melalui udara atau laut.

TERBANG KE LOMBOK
Penerbangan dari Bandara Domestik Denpasar ini hanya membutuhkan waktu 30-45 menit dan terkadang harganya sama dengan naik feri. Kami memilih untuk terbang langsung ke Lombok dengan Garuda Indonesia seharga 500K IDR ($ 50 AUD), dan kami bahkan mendapatkan makanan dan air gratis selama penerbangan. Beberapa maskapai penerbangan yang lebih murah terbang hanya dengan 300K IDR ($ 30 AUD).

FERRY KE LOMBOK
Feri ke Lombok dari Bali berangkat dari Pelabuhan Padang Bair, yang berjarak sekitar 1-2 jam berkendara dari Bandara Denpasar. Anda bisa naik feri atau speedboat tergantung pada preferensi Anda. Kapal feri akan memakan waktu sekitar 5 jam dan speed boat akan memakan waktu sekitar 2 jam.

TIPS JELAJAHI PULAU LOMBOK
SKUTER:
Penyewaan skuter di Lombok berkisar dari 50-60K IDR ($ 5-6 AUD) per hari. Kami menemukan jalan yang sangat indah dan aman untuk dilalui. Namun, perlu diketahui bahwa tidak ada mobil atau skuter di Kepulauan Gili dan satu-satunya moda transportasi adalah dengan sepeda. Ada gerobak yang ditarik kuda dimana-mana, tetapi kami menyarankan untuk tidak mendukung kegiatan ini karena kuda-kudanya tidak dirawat dengan baik. Harga sepeda sekitar 50K IDR ($ 5 AUD) per hari.

SOPIR:
Jika Anda tidak percaya diri mengendarai skuter, maka menyewa supir di Lombok sangatlah mudah dan rata-rata biaya untuk satu mobil per hari adalah Rp 500-600K ($ 50-60 AUD). Kami juga menggunakan sopir untuk membawa kami dari satu sisi pulau ke sisi lain, karena perjalanannya terlalu jauh bagi kami dengan skuter dengan barang bawaan kami.

APA YANG HARUS DILAKUKAN DI LOMBOK?
Ada begitu banyak yang bisa dilihat di Lombok dan itulah mengapa kami menghabiskan 2 minggu menjelajahi pulau, dan masih berencana untuk kembali dan melihat lebih banyak lagi. Kami akan memisahkan apa yang harus dilakukan di Lombok menjadi Kepulauan Utara, Selatan, Tengah dan Gili.

APA YANG HARUS DILAKUKAN DI LOMBOK UTARA?
Ada dua hal utama yang harus dilakukan di Lombok Utara dan keduanya berada di sekitar kota Senaru, mengunjungi air terjun dan trekking ke Gunung Rinjani.

AIR TERJUN DI LOMBOK UTARA
Senaru berbatasan dengan lembah besar yang memiliki jalur air terjun di seluruh. Dua dari air terjun mudah diakses dari kota, tetapi pastikan Anda membawa pemandu lokal karena beberapa jalur rusak akibat gempa bumi 2018.

APA YANG HARUS DILAKUKAN DI LOMBOK TENGAH?
Bagi kami, Lombok Tengah hanyalah sebuah persinggahan dari Utara ke Selatan. Hanya 1-2 jam berkendara dari Kuta terdapat untaian air terjun di antara pegunungan. Kami mengunjungi dua air terjun khususnya, Benang Stokel dan Benang Kelambu.

Jika Anda sedang merencanakan perjalanan ke Indonesia, dan ingin menjelajah di luar pusat wisata yaitu Bali, maka tambahkan Lombok ke dalam itinerary Anda. Hanya dengan lompatan singkat melintasi laut dan Anda akan menemukan diri Anda tenggelam dalam budaya yang sama sekali berbeda, dan banyak kegiatan untuk dilakukan dan pemandangan untuk dijelajahi.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !